Sabtu, 28 November 2015

Ayo Belajar Melukis

Hai!

Kali ini gue balik lagi dengan tulisan "Ayo Belajar Melukis". Karena nganggur, makanya gue memutuskan untuk  membagi-bagi ilmu kepada kalian yang berminat di bidang seni. xixixi

Oke ayok cerita dulu. Sebenarnya tadi waktu gue menyimpan kamar, nggak sengaja gue lihat gambar ini. makanya gue memutuskan untuk memerbaikinya dan memberi warna. penting ya?



Langkah-langkah "Ayo Belajar Melukis"

 Ada beberapa bahan yang wajib dipersiapkan
1. Cat air
 gue cuman pakai tiga (3) warna yaitu black, red, dan yellow orche. 

2. Kuas
 gue pakai kua ukuran 1, 7, dan 11.

3. Air
jangan sampai lupa. Kalau nggak pakai air namanya bukan cat air.
4. Pensil
kali ini gue pakai pensil 2b
5. Buku sketsa
 gue saranin untuk pakai buku sketsa khusus cat air. soalnya kalau pakai buku sketsa biasa, nanti kertasnya rusak.

Langkah kerja :

1.  Buatlah sketsanya menggunakan pensil. kalian bisa mencontoh gambar gue sebagai referensi.
tips : untuk menggambar sketsa, garisnya jangan terlalu tebal. Tipis-tipis saja biar nanti waktu mewarnai, coretan pensil tidak terlalu kelihatan.

2. Mulailah mewarnai menggunakan cat air.
catatan : terang atau tidaknya warna cat air, itu bergantung pada seberapa banyak air yang kita gunakan. jadi semakin terang gambar, semakin sedikit juga airnya.
Untuk bagian perut burungnya, gue pakai yellow orche. Di situ kalian bisa lihat ada bagian terang dan bagian gelapnya. Kalau untuk bagian luar atau daerah gelap, gue pakai airnya sedikit. Selanjutnya, warnai bagian kepala sampai ekor. Untuk bagian itu gue pakai warna hitam (black) tapi airnya gue banyakin biar kelihatan abu-abu. Terserah kalian mau lebih gelap atau lebih terang, ingat dalam penggunaan cat air, banyak atau sedikitnya air yang menentukan warnanya. Kemudian,  untuk bagian dahan atau batangnya gue juga pakai warna hitam dan ada bagian-bagian tertentu yang gue gelapin. Untuk buahnya, gue pakai warna merah (red).

3. gue hampir lupa ini juga penting. Untuk warna dasar seperti mewarnai perut burung, awalnya gue pakai kuas ukuran 11 setelah itu menggambar daerah gelap di bagian tengah perut gue pakai kuas ukuran 7 dan bagian pinggirnya gue pakai kuas ukuran 1. Untuk batangnya juga begitu tapi gue cuman pakai ukuran 7 sama 1. Untuk buah, gue pakai ukuran 1. Ukuran kuas membantu agar gambar tidak blepotan.

4. Terakhir, agar gambarnya kelihatan lebih tajam atau lebih hidup, gue berikan garis pada pinggir-pinggirnya dengan marker atau drawing pen tapi ingat, pastikan gambarnya sudah kering dahulu baru berikan garis pinggir. Kalian juga bisa memberikan garis pinggirnya setelah membuat sketsa kemudian diwarnai. Itu tergantung selera kalian.
tips: kalau ingin gambarnya lebih hidup lagi, kalian bisa memberikan warna pada latarnya, bisa hijau, coklat, abu-abu atau apapun yang menurut kalian bagus. Kalau gue pakai warna biru sebagai latarnya. Selanjutnya, kalian bisa update ke instagram!




Oke sekian dulu, langkah-langkah menggambar dari gue. Semoga bisa bermanfaat. See you~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar