Sabtu, 06 September 2014

Bagaimana Cara Menemukan Kelebihan?



Bagaimana Cara Menemukan Kelebihan?

Oke, gue sebenarnya gak tau apa yang merasuki gue sehingga gue jadi rajin ngetik hari ini ditengah-tengah pr yang menumpuk kayak pakaian gue yang belum dicuci.
Sebenarnya artikel ini gue tulis berdasarkan pengalaman pribadi, karena gue udah mengamalkan trik-trik ini dalam kehidupan gue. Dan gue mendapatkan manfaat yang amat luar biasa, atau lebih tepatnya gue lebih merasa bersyukur akan apa yang gue miliki sekarang. Oke, daripada gue banyak bacot, bisa-bisa ntar gue dibacok sama kalian, langsung aja...

1. Kenali diri lo dengan baik.
Kenapa gue bilang kayak gini? Karena dasar dari hal ini adalah udah ataubelum lo kenal diri lo dengan baik. Hal yang lo lakuin untuk mengenal potensi yang ada dalam diri lo sebenarnya simple aja. Dimulai dari apa yang paling lo suka lakuin. Misalnya nih, lo suka baca novel, cobalah jadi seorang produsen. Jangan jadi konsumen mulu yah.. kan lo udah banyak nih baca novel pasti kosakata yang yang lu punya tu udah lumayan kan? Nah coba deh lo coba tulis-tulis begitu, mulai dari artikel aja, lalu berlanjut ke puisi, cerpen, novel deh, sapa tau kapan-kapan lo bisa jadi penulis?

2. Berlatih!
Ini juga penting loh, biasanya nih kalo seseorang udah tau bakatnya apa, tapi kalo malas berlatih yah kapan mau bisa? Nah dari yang sering gue liat nih, kebanyakan orang hanya mau hasilnya aja, tapi kagak mau bekerja. Emang kalo mau ada asap lo kagak buat api dulu? Nah oleh karena itu, cobalah berlatih, walaupun lo bakal rasa capek juga berlatih tapi belum mendekati apa yang lo mau, tapi tenang aja, kalo lo semakin berlatih pasti lo bakal hebat kok. Sama kayak kalo lo asah pisau ni yah, lama-lama kan bakal tajam. Nah ini salah satu rahasia gue kenapa gue bisa maju terus tampang mundur dari kejenuhan berlatih. PIKIRKAN APA YANG BAKAL TERJADI DISAAT LO UDAH JAGO! gue selalu membayangkan apa yang akan terjadi saat gue udah hebat dan itu yang ngebuat gue punya semangat berapi-api buat berlatih. Well, kalian harus coba ini!

3. Jangan terintimidasi oleh keahlian orang lain
Kenapa gue tulis kayak gitu? Kebanyakan orang lebih suka melihat kelebihan seseorang dan membandingkan dengan dirinya. Contoh nih yah, teman gue nih suaranya tu bagus banget, nah gue nih pengen banget kayak dia, dari situ gue sering bilang pada diri gue sendiri, suara dia bagus yah, coba gue juga kayak gitu, atau ada yang hebat main alat musik, wuah, dia keren hebat main musik, coba gue kayak gitu!

Nah dari pikiran-pikiran di atas, membuat kita lebih terfokus pada kekurangan kita. Karena pikiran kita terfokus pada kekurangan, secara tidak langsung kita sudah menimbun kelebihan kita. Kita lebih suka melihat kekurangan dibandingkan kelebihan. Hal ini menyebabkan bakat yang kita punya tertimbun seiring dengan keinginan kita untuk jadi kayak orang lain. Lah kalo begitu kan sayang banget, kasihan kan tu bakat percuma doang. Karena itu, berlatihlah untuk mensyukuri apa yang ada. kan belum tentu bakat yang kita punya juga dimiliki oleh orang bersuara bagus ataupun pintar main alat musik.




Oke, ini yang terakhir, jari gue udah mau putus karena ketiknya cepat banget -,-
 





4. Syukuri apa yang ada
Rasa syukur bisa membangun rasa puas dalam diri. Hal ini yang biasa digunakan emak-emak dalam menghemat uang belanja bulanan. Kenapa? karena sifat manusia sendiri adalah tidak pernah puas. Rasa tidak pernah puas timbul karena tidak adanya rasa syukur atau kurangnya rasa syukur. Biasanya rasa syukur hanya muncul saat kita dapet barang baru. Huah, kalo dapet barang baru maunya dielus-elus mulu. Eh kalo udah lama dibuang juga kagak apa-apa. Rasa syukur itu datangnya hanya sebentar. Oleh karena itu, dalam hal menemukan keahlian ini, gue masukkan trik bersyukur. Karena kalo lo bersyukur akan bakat lo, lo gak mungkin merasa iri dengan bakat orang lain sampe-sampe lo melupakan bakat lo sendiri.


Oke, selian dulu artikel singkat ini, gue harap kalian semua dapat menemukan keahlian kalian sebelum keahlian itu tertimbun dan gak dikembangkan sama sekali. Gue harap artikel ini dapat bermanfaat buat kalian yang lagi pusing mikirin 'apa sih keahlian gue'. Oke? sekian dulu dari gue, kalo ada yang mau menambahkan sarannya silahkan di comment aja, sapa tau gue bisa menerapkan juga dalam rangka mencari bakat terpendam yang lainnya. see you~~~
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar